Ruang Baru Banggar DPR Seharga Rp 20 M?

Jakarta - Meski proyek pembangunan gedung baru DPR tidak lagi dilanjutkan, namun berbagai proyek renovasi bernilai milyaran telah dianggarkan DPR. Selain toilet senilai Rp 2 milar dan tempat parkir senilai Rp 3 milyar, Banggar DPR akan punya ruang rapat baru di Gedung Nusantara II DPR senilai Rp 20 miliar.

"Jadi proyek dilaksanakan Desember 2011, pemenangnya PT PP, perkiraan harga sementara (HPS) 20. 370.893.000,00 ," tutur sumber detikcom di internal Setjen DPR, Selasa (10/1/2012).

Di dalam website lpse.dpr.go.id, proyek ini masuk terdaftar dengan nomor 28696 atas nama proyek renovasi ruang rapat di gedung Nusantara II DPR. Batas lelangnya 24 Oktober 2011. Kini data lelang proyek ini tak bisa diakses. Sementara data lelang yang lain masih bisa diakses.

Pembangunan ruang baru Banggar DPR tidak banyak yang tahu karena dilaksanakan pada masa reses DPR, periode Desember 2011. Pada saat anggota Banggar DPR memasuki masa sidang baru, anggota Banggar DPR akan menempati ruangan baru.

Ruang baru anggota Banggar DPR terletak di depan ruang rapat Komisi III DPR dan ruang rapat Komisi I DPR. Sebelumnya ruang rapat Banggar DPR berada di Gedung Nusantara I DPR.

Setjen DPR tidak membantah pagu anggaran Rp 20 miliar untuk pembangunan ruang baru Banggar DPR. Namun enggan juga memberitahukan efisiensi anggarannya.

"Itu nanti seperti apa detailnya lewat Bu Sekjen saja ya, supaya tidak ada distorsi informasi," kilah ketua Biro Harbangin DPR, Sumirat, kepada detikcom.

Wakil Ketua BURT DPR Pius Lustrilanang juga tidak membantah pagu anggaran yang sangat besar ini. "Saya tidak bisa katakan tepatnya berapa. Nanti kalau saya bilang iya takutnya melenceng," tutur mantan aktivis yang kini aktif sebagai politisi Partai Gerindra tersebut.

Sementara itu anggota BURT DPR Saleh Husin mengaku tak tahu berapa anggaran yang dikeluarkan untuk ruang baru Banggar. "Nggak mungkin kalau cuma renovasi segitu. Kalau benar sampai Rp 20 miliar, bahaya itu, wah itu urusan Setjen DPR," ujar Saleh.

Lalu Lintas Twitter di Indonesia Super Sibuk


idak jauh berbeda dengan Facebook, lalu lintas penggunaan Twitter di Indonesia sangat ramai. Tak heran bila sebuah 'peta' social media dari seorang cartographer berikut menunjukkan fakta serupa.

Eric Fischer, social media cartographer telah menciptakan sebuah peta yang mengilustrasikan pergerakan tweet-tweet di penjuru dunia. Dilaporkan, pergerakan status 140 karakter ini mengalami kesibukan yang tinggi di negara kita, demikian dikutip dari Mashable, Selasa (10/1/2012).

Dalam petanya Fischer menggambarkan physical movement dengan warna hijau, ungu untuk @replies dari lokasi satu ke lokasi yang lain, sedang warna putih adalah kombinasi keduanya.

Peta social media yang dibuat Fischer tersebut menghasilkan laporan yang tidak berbeda dengan laporan tahun 2011 dari comScore. Disebutkan bahwa penetrasi Twitter di Indonesia mencapai angka 22%. Ia masuk dalam 5 besar negara dengan penetrasi Twitter terbesar di dunia selain beberapa negara lain seperti Belanda dan Jepang.
 

Waspada, Video 'Feel A Boob Day!!!' di Facebook!







Jakarta - Ada orang yang bilang jenius dan gila itu perbedaannya tipis. Demikian pula halnya di dunia advertising, khususnya advertising online. Kalau iman Anda tidak kuat, maka demi mencapai tujuan untuk mengiklankan sebanyak mungkin pesan dari pembeli iklan, bisa-bisa Anda menggunakan program yang memiliki karakter malware.

Sebenarnya bahasa pemrograman itu seperti pisau dapur, kalau di tangan William Wongso dia bisa berguna untuk memotong daging sapi dan membuat rendang yang sangat enak. Tetapi di tangan preman pasar pisau dapur berubah fungsi menjadi senjata untuk melukai korbannya jika tidak memenuhi keinginannya.

Hal yang mirip terjadi di ranah internet Indonesia dua hari belakangan ini dan seperti yang diperkirakan oleh Vaksincom, tahun 2012 merupakan tahun eksploitasi Facebook.

'Feel A Boob Day!!! Australia 31/03/2011' mengawalinya. Pada awalnya, Anda mungkin akan tergoda oleh satu postingan teman Anda di group Facebook (bukan wall) dengan gambar tangan di depan manekin pakaian dalam.

Memang tujuan dari video di Youtube tersebut untuk menarik perhatian orang supaya melihat video tersebut. Terbukti dari hit video itu saat diupload hanya mencapai 1.000 view. Tetapi setelah disebarkan oleh malware langsung melejit menjadi lebih dari 6 juta view.

Ibarat kucing dikasih ikan asin, kemungkinan besar, makhluk normal yang bernama laki-laki jika disodori gambar 'Feel A Boob Day!!!' (lihat gambar 1) akan langsung melakukan klik pada link tersebut. 


Hal yang menarik dari penyebaran message 'Feel A Boob Day!!!' ini adalah hanya melakukan postingan di group-group Facebook dan tidak melakukan postingan pada wall korbannya maupun kontak Facebook lain.

Sebenarnya hal ini mencerminkan kecerdikan pembuat malware ini karena dengan cara demikian ia akan mampu mendapatkan hasil yang maksimal dengan posting yang minimal sehingga tidak terdeteksi oleh administrator Facebook yang setiap hari harus menangani jutaan posting yang melanggar peraturan.

Dengan melakukan posting di wall Group Facebook otomatis seluruh member group akan melihat posting tersebut tanpa membebani wall masing-masing.

Memanfaatkan URL Shortener

Jika mengklik link tersebut, Anda akan diantarkan pada link URL Shortener (pemendek URL) bit.ly http://bit.ly/yyxF** yang tujuannya jelas untuk mengelabui korbannya supaya tidak bisa mengidentifikasi ke mana sebenarnya link tersebut diteruskan.

Tetapi namanya juga laki-laki, masa cuma ngeklik aja takut, kemungkinan besar akan melakukan klik (yah paling tidak menurut data statistik yang dikumpulkan paling tidak ada 587.000 klik) kalau ambil kasarnya 90% yang mengklik adalah laki-laki maka sudah ada 500.000 orang laki-laki 'bukan penakut' yang menjadi korban.